S2 – Magister Ilmu Gizi (M.Gz)

Program Studi (Prodi) S2 Ilmu Gizi merupakan salah satu Prodi yang dikelola oleh Departemen Gizi Masyarakat (GM), Fakultas Ekologi Manusia (FEMA). Program Magister Ilmu Gizi pada awalnya (tahun 1981) dikembangkan oleh Departemen GMSK dengan nama llmu Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMK). Selanjutnya dalam perkembangannya, terbentuk Prodi S2 Ilmu Gizi pada Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor didasarkan SK Rektor IPB No. 159/K13/OT/2004. Prodi S2 Ilmu Gizi Masyarakat melaksanakan pendidikan akademik yang memenuhi syarat pendidikan program Pascasarjana yang berpedoman pada : (1) tujuan pendidikan nasional; (2) kaidah, moral dan etika ilmu pengetahuan; (3) kepentingan masyarakat serta; (4) perhatian terhadap minat, kemampuan dan prakarsa pribadi.

Prodi S2 Ilmu Gizi sebagai institusi akademik mengemban misi untuk mencerdaskan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia demi tercapainya pembangunan yang berkeadilan. Tidak hanya itu, Prodi S2 Ilmu Gizi, Departemen Gizi Masyarakat, FEMA – IPB juga berkewajiban turut memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia, sesuai dengan mandatnya dalam pengembangan ilmu gizi manusia (human nutrition) dan aplikasinya yang mengaitkan pertanian, pangan, gizi dan kesehatan dalam upaya peningkatan kualitas manusia.

Program Studi S2 Ilmu Gizi IPB terakreditasi “Unggul” oleh LAM-PTKes untuk periode 2022-2027.


Visi

Departemen Gizi masyarakat merupakan home base PS S2 Gizi Masyarakat, sehingga visi program studi merupakan bagian integral dari visi Departemen Gizi Masyarakat. Visi program studi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi terkemuka di bidang gizi manusia merupakan bagian dari visi Departemen Gizi Masyarakat untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi terkemuka di bidang gizi masyarakat. Karena departemen merupakan salah satu pengampu visi fakultas dalam pengembangan ipteks yang berkaitan dengan ilmu gizi, maka visi PS S2 Gizi Masyarakat tersebut sudah sesuai dengan visi Fakultas Ekologi Manusia yang juga sudah barang tentu sesuai dengan visi Institut Pertanian Bogor.

 

Misi

 

Untuk mewujudkan visi tersebut diatas, maka PS S2 Gizi Masyarakat memiliki misi-misi sebagaimana disajikan dalam tabel dibawah. Ketiga misi PS S2 Gizi Masyarakat tersebut diatas in-line dengan misi Departemen Gizi Masyarakat maupun Fakultas Ekologi Manusia maupun Institut Pertanian Bogor dengan titik berat pada kompetensi utamanya di bidang gizi manusia. Karena departemen merupakan bagian dari fakultas, maka misi departemen melaksanakan salah satu misi fakultas, yaitu yang berkaitan dengan ilmu gizi. Dengan demikian misi program studi sudah sesuai dengan misi Fakultas Ekologi Manusia maupun misi Institut Pertanian Bogor.

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas di bidang gizi masyarakat,
  2. Mengembangkan pengetahuan, teknologi dan seni yang ramah lingkungan melalui penelitian mutakhir di bidang gizi masyarakat,
  3. Menerapkan dan mendayagunakan pengetahuan, teknologi dan seni di bidang gizi masyarakat untuk mencapai kualitas kehidupan yang sehat, cerdas, produktif dan berkelanjutan.

 

 

Tujuan

Meningkatkan mutu calon mahasiswa, proses pembelajaran dan sistem evaluasi hasil belajar dengan atmosfer akademik yang kondusif.

Strategi

  1. Meningkatkan proses monitoring perkembangan studi mahasiswa terutama dalam penyelesaian tugas akhir (tesis).
  2. Memfasilitasi staf pendidik yang berpendidikan S2 untuk melanjutkan ke jenjang S3.
  3. Mendorong dan memfasilitasi tenaga pendidik dalam proses pengajuan sertifikat pendidik.
  4. Mendorong dan memfasilitasi tenaga pendidik dalam proses pengajuan guru besar.
  5. Mendorong dan memfasilitasi tenaga pendidik dalam menyusun proposal penelitian dan berkompetisi dalam memperoleh dana penelitian dari dalam dan luar negeri.
  6. Melakukan penjajagan untuk melakukan kolaborasi dengan instansi luar negeri dalam kegiatan akademik.
  7. Memperkuat jejaring dengan alumni dan berbagai institusi (nasional maupun internasional), pihak pemerintah dan sektor swasta dalam rangka meningkatkan mutu penyelenggaraan tridharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat) secara berkesinambungan.
  8. Meningkatkan publikasi ilmiah/paten hasil-hasil penelitian dasar dan terapan, serta mendorong peran aktif staf pengajar dalam kegiatan masyarakat ilmiah di tingkat nasional dan internasional.

Learning Outcome Magister Ilmu Gizi

  1. Mampu memecahkan masalah IPTEKS bidang gizi yang terkait dengan Sistem Kesehatan dan Sistem Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional melalui pendekatan inter atau multi disiplin.
  2. Mampu mengembangkan IPTEKS di bidang gizi terkait pangan dan kesehatan melalui penelitian ilmiah, yang disusun dalam bentuk tesis.
  3. Mampu merencanakan dan melakukan penelitian yang inovatif dan teruji di bidang gizi sebagai dasar pengembangan pengetahuan, teknologi dan seni serta mempublikasikannya pada jurnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau internasional.
  4. Mampu mengelola riset dan pengembangan bidang gizi terkait pangan dan kesehatan yang bermanfaat bagi pemecahan masalah gizi di tingkat individu maupun masyarakat dan pengembangan ilmu gizi dibawah tanggung jawabnya yang mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
  5. Mampu mendiseminasikan hasil penelitian dan kajian isu gizi terkini untuk mengatasi masalah gizi melalui pendekatan inter atau multi disiplin.
  6. Mampu mengkomunikasikan dan mengadvokasikan informasi gizi terkait pangan dan kesehatan.

Kompetensi Lulusan Magister Ilmu Gizi

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional

Daya tampung maksimal prodi magister Ilmu Gizi IPB adalah 40 orang.

 

Klik untuk info lebih lanjut

Program studi magister Ilmu Gizi IPB menerima lulusan S1 dari berbagai jurusan, di antaranya (namun tidak terbatas pada): Gizi, Kesehatan Masyarakat, Teknologi Pangan, dll.

  1. Dosen di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta
  2. Wirausaha di bidang Gizi dan Pangan (Nutripreneur)
  3. Lembaga Swadaya Masyarakat, baik nasional maupun internasional
  4. Instansi pemerintahan
  5. Rumah Sakit
  6. Peneliti di lembaga penelitian, baik nasional maupun internasional

Durasi normal studi magister Ilmu Gizi IPB adalah 4 Semester (2 Tahun), dengan durasi normal untuk kuliah adalah 2 Semester, dan durasi normal untuk tesis adalah 2 Semester.

(dapat dilihat lebih lanjut dengan klik di sini)

Kode

  Matakuliah

SKS

Kelompok*

GIZ160A

Metode Penelitian Gizi Lanjut

3(2-1)

CC

GIZ150A

Analisis Data Penelitian Gizi

3(2-1)

FC

GIZ151A

Biokimia Gizi

2(2-0)

FC

GIZ152A

Penilaian Status Gizi Lanjut

3(2-1)

FC

GIZ152B

Gizi Pertumbuhan dan Perkembangan

2(2-0)

ACC

GIZ164A

Epidemiologi Gizi Penyakit Tidak Menular

2(2-0)

ACC

GIZ164B

Manajemen Program Pangan dan Gizi

2(1-1)

ACC

GIZ154A

Gizi dan Pembangunan

2(1-1)

IC

GIZ162A

Perubahan Perilaku Gizi

2(2-0)

IC

GIZ164C

Sosio-Budaya Pangan dan Gizi

2(2-0)

IC

GIZ162B

Intervensi Pangan dan Gizi

2(1-1)

IC

GIZ152C

Gizi Olahraga dan Kebugaran

2(2-0)

IC

GIZ151B

Gizi Molekuler dan Klinis

2(2-0)

IC

GIZ163A

Pengembangan Produk Pangan Intervensi

2(1-1)

IC

GIZ169A

Proposal

2(0-2)

TA

GIZ169B

Kolokium

1(0-1)

TA

PPS1691

Seminar Tesis

1(0-1)

EC

PPS1692

Publikasi Ilmiah Nasional

2(0-2)

TA

GIZ169C

Ujian Tesis

2(0-2)

TA

GIZ169D

Tesis

6(0-6)

TA

Keterangan : *

CC = Common Course (3 sks)

FC = Fundamental Course

ACC = Academic Core Course (Total FC+ACC = 14 sks)

IC = In-depth Course (Total = 8 sks)

EC = Elective Course (1 sks)

TA = Tugas Akhir (Total = 13 sks)

PPS500

Bahasa Inggris untuk Magister

3(3-0)

Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana program magister. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif.

 
 

PPS690

Seminar

1(0-1)

Seminar adalah penyajian hasil-hasil penelitian (tesis atau disertasi) dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana untuk mendiseminasikan hasil penelitian , baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis, menambah wawasan ilmiah, dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah Memberikan cara penulisan berbagai karya ilmiah yang mencakup penulisan usulan proyek dan laporan, termasuk juga cara penyampaian dan penyajian data, pembuatan slide dan transparansi, serta penggunaan komputer dengan Liquid Crystal Display (LCD) Viewer

 
 

STK511

Analisis Statistika

3(2-1)

Statistika dasar (jenis-jenis peubah, penyajian data, peringkasan data, konsep peubah acak, sebaran peluang peubah acak, pendugaan parameter dan pengujian hipótesis). Analisis korelasi dan regresi linier (formulasi model, pendugaan parameter model, pengujian model, ukuran kebaikan model, penerapan model). Beberapa paket análisis pilihan: (1) perancangan percobaan, (2) análisis non parametrik dan análisis data kategorik , (3) Umum (perancangan percobaan, análisis data kategorik dan análisis peubah ganda), (4) paket pilihan terbuka disesuaikan dengan kebutuhan program studi.

Mata Kuliah Prasyarat :
Perancangan Percobaan
Metode Kuantitatif Pemuliaan Tanaman

 

GIZ511

Biokimia Gizi

3(2-1)

Membahas proses dan regulasi fisiologi pencernaan, penyerapan, dan metabolisme zat gizi serta implikasinya terhadap kesehatan manusia. Fungsi vitamin dan mineral dalam proses metabolisme dibahas dengan fokus pada permasalahan gizi dan kesehatan di Indonesia. Dibahas pula metoda pengukuran dan penilaian status gizi secara biokimia (biomarker status gizi dan penyakit), dan evaluasi nilai gizi serta interaksi antar zat gizi.

 

Rimbawan
Evy Damayanthi
Katrin Roosita

GIZ521

Penilaian Gizi

3(2-1)

Membahas teori dan metode penilaian status gizi baik dari konsumsi pangan dan asupan zat gizi maupun antropometri, pada tingkat individu, rumah tangga, dan masyarakat; standar penilaian status gizi dalam kondisi darurat; serta isu-isu mutakhir pengembangan metode penilaian status gizi.

 

Hadi Riyadi
Clara Meliyanti Kusharto
Dodik Briawan

GIZ524

Gizi Pertumbuhan dan Perkembangan

2(2-0)

Membahas peranan gizi dalam berbagai tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia, dimulai dari periode remaja, periode kehamilan/janin, menyusui, dan anak, dewasa dan lanjut usia. Pembahasan mencakup perubahan fisiologis, kaitannya dengan zat gizi dan kesehatan, serta cara penilaian perkembangannya; hasil-hasil penelitian terkini tentang keterkaitan gizi dengan pertumbuhan dan perkembangan manusia.

 

Lilik Kustiyah
Cesilia Meti Dwiriani
Faisal Anwar

GIZ542

Gizi dan Pembangunan

2(1-1)

Membahas hubungan timbal balik antara gizi dan pembangunan terutama dengan ekonomi, kemiskinan, ketidaktahanan pangan dan kelaparan, pertumbuhan penduduk, tingkat pendidikan dan angka melek huruf, penyakit infeksi dan penyakit tidak menular, serta kondisi lingkungan (biofisik, sosial, budaya, dan politik); dan strategi pembangunan untuk pencegahan dan penanggulangan masalah gizi dan kualitas manusia.

 

Hidayat Syarief
Drajat Martianto

GIZ611

Gizi Molekuler dan Seluler

2(2-0)

Membahas sel sebagai unit fungsional terkecil tubuh manusia, komunikasi inter dan antar sel, regulasi hormon dan enzim, mekanisme transpor, metabolisme di tingkat seluler, replikasi, transkripsi serta ekspresi gen yang dipengaruhi oleh peran molekul zat gizi. Mata kuliah ini juga membahas teknik penelitian dan prinsip pengukuran di tingkat seluler dan molekuler beserta contoh aplikasinya.

 

Katrin Roosita
Muhammad Rizal Martua Damanik
Faisal Anwar

GIZ612

Gizi Klinis

2(2-0)

Membahas perubahan sistem metabolisme dan fisiologis khusus pada penyakit beserta prinsip-prinsip dan praktek dukungan gizi dalam kondisi klinis (kondisi khusus) yang berkaitan dengan penyakit, serta evaluasi penilaian gizi secara biofisik dan klinis.

 

Rimbawan
Hardinsyah
Mira Dewi

GIZ621

Pendidikan Gizi dan Perubahan Perilaku

2(2-0)

Membahas ruang lingkup pendidikan gizi dan teori perilaku; riset-riset terkait pendidikan gizi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan gizi termasuk motivasi, kemampuan untuk bertindak, dan berbagai faktor pendukung dan penghambat. Mendesain program pendidikan gizi untuk perubahan perilaku makan dan kesehatan di masyarakat, meliputi analisis situasi, mengembangkan, implementasi serta monitoring dan evaluasi.

 

Siti Madanijah
Ali Khomsan
Cesilia Meti Dwiriani

GIZ642

Sosio Budaya Pangan dan Gizi

2(2-0)

Membahas berbagai konsep sosio-budaya, lingkungan terkait perilaku makan: kelembagaan, praktik dan kebiasaan kesehatan masyarakat, komunikasi antar budaya, agama, dan sumberdaya pangan; kebiasaan makan tradisional dan kontemporer; membahas peran antropologi dalam studi pangan dan gizi. Selain itu, membahas pengaruh faktor sosio-budaya terhadap status gizi dan penyakit.

 

Yayuk Farida Baliwati
Ali Khomsan
Ikeu Tanziha

GIZ623

Intervensi Pangan dan Gizi

3(2-1)

Membahas berbagai alternatif intervensi perbaikan gizi (pelayanan, produk, perubahan perilaku) baik yang sudah/sedang dilaksanakan maupun yang hasil kajian intervensi gizi yang potensi dilaksanakan pada kondisi normal dan darurat. Secara mendalam dibahas keunggulan dan kelemahan masing-masing alternatif intervensi gizi (efikasi/efektifnes, manajemen, teknis, ekonomi) serta pengalaman dari berbagai negara dalam program intervensi gizi.

 

Lilik Kustiyah
Clara Meliyanti Kusharto
Siti Madanijah

GIZ624

Gizi Kebugaran dan Produktivitas

2(2-0)

Membahas dan mempelajari tentang konsep energi dan zat gizi kaitannya dengan aktivitas fisik dan olahraga. Dibahas pula tentang konsep kebugaran, fisiologi kebugaran dan pengukuran kebugaran; komposisi tubuh, keseimbangan energi dan pengaturan berat badan, gizi untuk kebugaran, gizi untuk performan fisik, olahraga dan kesehatan optimal, gizi untuk produktivitas. Membahas isu-isu terkini gizi kaitannya dengan kebugaran dan produktivitas melalui telaah jurnal ilmiah

 

Hadi Riyadi
Budi Setiawan
Mira Dewi

GIZ631

Pengembangan Produk Pangan Intervensi

3(2-1)

Membahas prinsip pengembangan produk pangan baru untuk melakukan intervensi gizi dalam penanggulangan masalah gizi kurang, gizi lebih, pangan fungsional untuk kesehatan, kecerdasan dan kebugaran berupa suplementasi, fortifikasi dan formulasi dengan mempertimbangkan ketersediaan pangan, kelayakan secara teknik, ekonomi dan sosial, serta memenuhi mutu organoleptik yang dapat diterima.

 

Budi Setiawan
Ahmad Sulaeman
Sri Anna Marliyati
Tiurma Sinaga

GIZ644

Epidemiologi Gizi dan Penyakit Tidak Menular

3(2-1)

Membahas prinsip epidemiologi gizi (besaran, sebaran, determinan dan implikasi kebijakan gizi) yang berkaitan dengan penyakit kronik degeneratif. Disain studi epidemiologi observasional analitik dan eksperimental gizi serta analisis statistiknya; teknik review dan meta analisis, serta aplikasinya pada penelitian penyakit kronik degeneratif.

 

Dodik Briawan
Hardinsyah
Ikeu Ekayanti

GIZ643

Manajemen Program Pangan dan Gizi

2(1-1)

Membahas prinsip dan penerapan manajemen perencanaan dan pelaksanaan program gizi mencakup identifikasi masalah, alternatif kegiatan, analisis kelayakan, implementasi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan melalui penerapan Logical Framework Approach (LFA); Penilaian dan perencanaan kebutuhan dan ketahanan pangan wilayah.

 

Drajat Martianto
Hidayat Syarief
Yayuk Farida Baliwati

GIZ692

Metodologi Penelitian Gizi Lanjut

2(1-1)

Membahas metode dan disain penelitian gizi untuk penulisan tesis/disertasi; mencakup penelitian di masyarakat dan di laboratorium termasuk penelitian dengan menggunakan hewan coba. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan latihan secara menyeluruh tentang kegiatan penelitian mulai dari pembangkitan ide penelitian, perumusan masalah, tujuan penelitian, etika penelitian, desain, teknik sampling, pengukuran kualitatif dan kuantitatif, manajemen pengelolaan data, pengolahan dan analisis data, serta penyusunan proposal penelitian, penulisan makalah pada jurnal ilmiah dan teknik presentasi seminar karya ilmiah.

 

Dadang Sukandar
Ahmad Sulaeman
Budi Setiawan

GIZ609

Tesis

4(0-4)

Setiap mahasiswa program Magister wajib menghasilkan tesis pada akhir masa studi. Tesis merupakan karya ilmiah hasil penelitiannya selama studi program magister, yang disusun sesuai kaidah ilmiah dan sesuai format tesis yang dibakukan dalam buku Pedoman Penyajian Karya Ilmiah. Tesis disetujui oleh komisi pembimbing, Ketua Program Studi dan Dekan Sekolah Pascasarjana IPB

 
 

GIZ601

Kolokium

1(0-1)

Proses penulisan proposal dan pelaksanaan kolokium.

 

Ikeu Tanziha
Dodik Briawan
Eny Palupi

GIZ60B

Publikasi Ilmiah

2(0-2)

Proses penulisan artikel jurnal nasional/internasional hingga publikasi.

 
 

GIZ60C

Ujian Tesis

2(0-2)

Untuk menguji kualitas tesis dan pengetahuan mahasiswa.

 
 

GIZ60A

Proposal Tesis

2(0-2)

Proses penulisan proposal hingga menjadi proposal final yang disahkan oleh SPs IPB

Office: 02518625066

Admin: +62-21-862506

E-mail: gizi_fema@apps.ipb.ac.id

Departemen Gizi Masyarakat, FEMA, Babakan, Dramaga, Bogor Regency, West Java 16680