Peningkatan Kapasitas Pengelola JGP dan JIGD sebagai Publikasi Resmi Departemen Gizi Masyarakat, FEMA IPB

IPB University memiliki 69 jurnal ilmiah aktif sebagai wadah diseminasi hasil penelitian dan kajian. Untuk lebih meningkatkan kualitas penerbitan dalam pengelolaan jurnal, Direktorat Kajian Strategis dan Reputasi Akademik (DKaSRA), IPB University mengadakan workshop dengan tema “Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal untuk Optimalisasi Berbagai Pengindeks, Sistem OJS versi 3, dan Pemanfaatan Aplikasi Indesign dalam Proses Lay Outing Artikel”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 27 September 2023 di IICC Baranangsiang, Bogor. Departemen Gizi Masyarakat menugaskan pengelola Jurnal Gizi dan Pangan serta Jurnal Ilmu Gizi dan Dietetika untuk turut menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur DKaSRA, Prof. Anuraga Jayanegara, S.Pt., M.Sc. Terdapat 4 sesi workshop yang disampaikan oleh 4 pemateri berbeda. Workshop pertama yaitu “Pelatihan Teknis Optimalisasi Pengindeks Jurnal dan Sistem OJS Versi 3” disampaikan langsung oleh Dr. Ir. Iman Rusmana, M.Si (Chief Editor HAYATI Journal of Biosciences). Workshop kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi secara daring oleh Dr. Jacob Wickham (Senior Managing Editor of the Journal Integrative Zoology) dengan tema “Getting Your Journal Indexed in PubMed, Scopus”.  Workshop ketiga dengan tema “Pelatihan Penggunakan Aplikasi In Design untuk Membantu Lay outing Naskah” disampaikan secara langsung oleh Sulistiyo, A.Md (Pengelola 4 Jurnal berbeda di Sekolah Bisnis-IPB University). Dan diakhiri dengan pemaparan materi secara daring oleh Dr. Raffaella Gozzelino (Group Leader at NOVA Medical School of Lisbon) dengan tema Workshop “The Role of Editors in Detecting and Dealing with Misconduct”.

Diharapkan dengan diselenggarakannya Workshop ini, dapat meningkatkan kualitas dalam pengelolaan jurnal dan meningkatkan reputasi baik secara nasional maupun internasional. (ZHA)