Pelatihan K3 Laboratorium

Departemen Gizi Masyarakat IPB melaksanakan pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) laboratorium yang diikuti oleh para peserta dengan penuh antusiasme dan keseriusan. Pelatihan ini dihadiri oleh staf laboratorium dan mahasiswa yang aktif terlibat dalam kegiatan laboratorium. Acara dimulai dengan kata sambutan dari wakil kepala departemen Dr. Zuraidah Nasution, STP., M.Sc, menyoroti urgensi K3 dalam konteks penelitian.

Peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai potensi risiko di laboratorium dan langkah-langkah pencegahan yang harus dilakukan. Presentasi interaktif, diskusi kelompok, dan studi kasus memberikan wawasan praktis kepada peserta dan memperkuat pengetahuan mereka tentang praktik terbaik untuk menjaga keselamatan di laboratorium.

Sesi praktik dilaksanakan untuk memastikan para peserta dapat mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dengan benar. Demonstrasi langsung oleh Muhammad Rizky Prasetyo, S.Si dan Zaenal Arifin, S.Si memberikan pemahaman nyata tentang cara mengurangi risiko cedera dan paparan zat berbahaya. Pelatihan juga mencakup tindakan darurat, termasuk simulasi evakuasi dan pertolongan pertama, memberikan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi situasi kritis.

Departemen Gizi Masyarakat IPB berharap pelatihan ini akan menjadi langkah awal dalam menciptakan budaya keselamatan yang berkelanjutan di laboratorium. Dengan demikian, setiap individu yang terlibat dalam kegiatan laboratorium diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. (SAT)