Kunjungan Prof. Dr. Amin Ismail (Adjunct Profesor dari Universiti Putra Malaysia) dalam Rangka Memperkuat Kerja Sama Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB University dengan UPM

Diskusi antara Adjunct Professor Prof. Dr. Amin Ismail dari Universiti Putra Malaysia dan Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia merupakan langkah penting dalam membangun kolaborasi yang produktif. Diskusi ini bertujuan untuk mendefinisikan tujuan kolaborasi penelitian dan publikasi secara jelas, mengidentifikasi bidang-bidang penelitian yang dapat menjadi fokus bersama. Diskusi ini dilanjutkan dengan pertukaran ide dan pengalaman, yang meliputi sharing pengetahuan dan pengalaman dari kedua belah pihak terkait penelitian dan publikasi sebelumnya serta saling menjelaskan pendekatan atau metodologi yang telah terbukti berhasil.

Terkait kerja sama penelitian, dalam kunjungan ini juga dibahas rencana konkret untuk penelitian bersama yang dapat dijalankan di kedua institusi, juga menentukan peran dan tanggung jawab masing-masing pihak dalam proyek tersebut. Didiskusikan juga mengenai rencana publikasi bersama, termasuk jurnal atau konferensi yang menjadi target, serta menetapkan aturan terkait pengarang utama dan kontributor lainnya. Dalam konteks keterlibatan mahasiswa dan peneliti muda, dibahas juga mengenai peran yang dapat dimainkan oleh kedua pihak tersebut serta identifikasi peluang untuk pertukaran mahasiswa maupun program magang. Kunjungan ditutup dengan penyusunan rencana untuk evaluasi terus-menerus proyek dan peningkatan berkelanjutan serta umpan balik terbuka dan penyesuaian rencana yang diperlukan.

Semua elemen ini membantu membangun dasar yang kuat untuk kolaborasi yang berhasil dalam penelitian dan publikasi antara Prof. Dr. Amin Ismail dan Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia. Diskusi ini seharusnya menjadi platform untuk memastikan pemahaman yang mendalam dan komitmen dari kedua belah pihak terhadap kesuksesan kolaborasi ini. (SUC/AHM)