Program Magister
Profil Program Magister
Kompetensi Lulusan
Kompetensi Lulusan Magister Ilmu Gizi :
- Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
- Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
- Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
Learning Outcome
Learning Outcome Magister Ilmu Gizi
- Mampu merencanakan dan melakukan penelitian yang inovatif dan teruji di bidang gizi sebagai dasar pengembangan pengetahuan, teknologi dan seni serta mempublikasikannya pada jurnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau internasional
- Mampu memecahkan masalah IPTEKS bidang gizi dalam Sistem Kesehatan dan Sistem Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional melalui pendekatan inter atau multi disiplin.
- Mampu berperan sebagai tenaga ahli untuk memecahkan masalah gizi terkait pangan dan kesehatan sebagai akademisi dan peneliti di bidang gizi melalui pendekatan inter atau multi disiplin.
- Mampu menerapkan dan mengembangkan IPTEKS di bidang gizi terkait pangan dan kesehatan melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan teruji
- Mampu mengembangkan IPTEKS di bidang gizi terkait pangan dan kesehatan melalui penelitian ilmiah, yang disusun dalam bentuk tesis
- Mampu merencanakan serta mengelola riset dan pengembangan bidang gizi terkait pangan dan kesehatan yang bermanfaat bagi pemecahan masalah gizi di tingkat individu maupun masyarakat dan pengembangan ilmu gizi dibawah tanggung jawabnya yang mendapat pengakuan nasional maupun internasional
- Mampu mendiseminasikan hasil peneltian dan kajian isu gizi terkini untuk mengatasi masalah gizi melalui pendekatan inter atau multi disiplin
- Mampu mengkomunikasikan dan mengadvokasikan informasi gizi terkait pangan dan kesehatan
Kurikulum
SKS MK Wajib SPs : 3
SKS MK Wajib PS : 18
SKS Tugas Akhir : 12
SKS Minimal MK Pilihan Wajib Diambil : 6
SKS MK Peminatan : 18
Total SKS Wajib : 39
Daftar Mata Kuliah Wajib SPs (3 sks) |
|||
Kode |
Nama |
Kredit |
Semester |
PPS500 |
Bahasa Inggris untuk Magister |
3(3-0) |
Ganjil/Genap |
Daftar Mata Kuliah Wajib Program Studi (18 sks) |
|||
Kode |
Nama |
Kredit |
Semester |
GIZ511 |
Biokimia Gizi |
3(2-1) |
I |
GIZ521 |
Penilaian Gizi |
3(2-1) |
I |
GIZ524 |
Gizi Pertumbuhan dan Perkembangan |
2(2-0) |
I |
GIZ542 |
Gizi dan Pembangunan |
2(1-1) |
I |
STK511 |
Analisis Statistika |
3(2-1) |
I |
GIZ644 |
Epidemiologi Gizi dan Penyakit Tidak Menular |
3(2-1) |
II |
GIZ692 |
Metodologi Penelitian Gizi Lanjut |
2(1-1) |
II |
Daftar Tugas Akhir (12 sks) |
|||
Kode |
Nama |
Kredit |
Semester |
GIZ609 |
Tesis |
4(0-4) |
IV |
GIZ601 |
Kolokium |
1(0-1) |
III |
GIZ60B |
Publikasi Ilmiah |
2(0-2) |
IV |
GIZ60C |
Ujian Tesis |
2(0-2) |
IV |
GIZ60A |
Proposal Tesis |
2(0-2) |
III |
PPS690 |
Seminar |
1(0-1) |
Ganjil/Genap |
Daftar Mata Kuliah Wajib Pilihan (6 sks) |
|||
Kode |
Nama |
Kredit |
Semester |
Mata Kuliah Pilihan 1 |
3 |
Ganjil/Genap |
|
Mata Kuliah Pilihan 2 |
3 |
Ganjil/Genap |
|
Daftar Mata Kuliah Peminatan (18 sks) |
|||
Kode |
Nama |
Kredit |
Semester |
GIZ611 |
Gizi Molekuler dan Seluler |
2(2-0) |
II |
GIZ612 |
Gizi Klinis |
2(2-0) |
II |
GIZ624 |
Gizi Kebugaran dan Produktivitas |
2(2-0) |
II |
GIZ631 |
Pengembangan Produk Pangan Intervensi |
3(2-1) |
II |
GIZ621 |
Pendidikan Gizi dan Perubahan Perilaku |
2(2-0) |
II |
GIZ642 |
Sosio Budaya Pangan dan Gizi |
2(2-0) |
II |
GIZ623 |
Intervensi Pangan dan Gizi |
3(2-1) |
II |
GIZ643 |
Manajemen Program Pangan dan Gizi |
2(1-1) |
II |
Silabus Mata Kuliah
PPS500 |
Bahasa Inggris untuk Magister |
3(3-0) |
Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana program magister. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif. |
||
PPS690 |
Seminar |
1(0-1) |
Seminar adalah penyajian hasil-hasil penelitian (tesis atau disertasi) dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana untuk mendiseminasikan hasil penelitian , baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis, menambah wawasan ilmiah, dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah Memberikan cara penulisan berbagai karya ilmiah yang mencakup penulisan usulan proyek dan laporan, termasuk juga cara penyampaian dan penyajian data, pembuatan slide dan transparansi, serta penggunaan komputer dengan Liquid Crystal Display (LCD) Viewer |
||
STK511 |
Analisis Statistika |
3(2-1) |
Statistika dasar (jenis-jenis peubah, penyajian data, peringkasan data, konsep peubah acak, sebaran peluang peubah acak, pendugaan parameter dan pengujian hipótesis). Analisis korelasi dan regresi linier (formulasi model, pendugaan parameter model, pengujian model, ukuran kebaikan model, penerapan model). Beberapa paket análisis pilihan: (1) perancangan percobaan, (2) análisis non parametrik dan análisis data kategorik , (3) Umum (perancangan percobaan, análisis data kategorik dan análisis peubah ganda), (4) paket pilihan terbuka disesuaikan dengan kebutuhan program studi. |
||
Mata Kuliah Prasyarat : |
||
GIZ511 |
Biokimia Gizi |
3(2-1) |
Membahas proses dan regulasi fisiologi pencernaan, penyerapan, dan metabolisme zat gizi serta implikasinya terhadap kesehatan manusia. Fungsi vitamin dan mineral dalam proses metabolisme dibahas dengan fokus pada permasalahan gizi dan kesehatan di Indonesia. Dibahas pula metoda pengukuran dan penilaian status gizi secara biokimia (biomarker status gizi dan penyakit), dan evaluasi nilai gizi serta interaksi antar zat gizi. |
||
Rimbawan |
||
GIZ521 |
Penilaian Gizi |
3(2-1) |
Membahas teori dan metode penilaian status gizi baik dari konsumsi pangan dan asupan zat gizi maupun antropometri, pada tingkat individu, rumah tangga, dan masyarakat; standar penilaian status gizi dalam kondisi darurat; serta isu-isu mutakhir pengembangan metode penilaian status gizi. |
||
Hadi Riyadi |
||
GIZ524 |
Gizi Pertumbuhan dan Perkembangan |
2(2-0) |
Membahas peranan gizi dalam berbagai tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia, dimulai dari periode remaja, periode kehamilan/janin, menyusui, dan anak, dewasa dan lanjut usia. Pembahasan mencakup perubahan fisiologis, kaitannya dengan zat gizi dan kesehatan, serta cara penilaian perkembangannya; hasil-hasil penelitian terkini tentang keterkaitan gizi dengan pertumbuhan dan perkembangan manusia. |
||
Lilik Kustiyah |
||
GIZ542 |
Gizi dan Pembangunan |
2(1-1) |
Membahas hubungan timbal balik antara gizi dan pembangunan terutama dengan ekonomi, kemiskinan, ketidaktahanan pangan dan kelaparan, pertumbuhan penduduk, tingkat pendidikan dan angka melek huruf, penyakit infeksi dan penyakit tidak menular, serta kondisi lingkungan (biofisik, sosial, budaya, dan politik); dan strategi pembangunan untuk pencegahan dan penanggulangan masalah gizi dan kualitas manusia. |
||
Hidayat Syarief |
||
GIZ611 |
Gizi Molekuler dan Seluler |
2(2-0) |
Membahas sel sebagai unit fungsional terkecil tubuh manusia, komunikasi inter dan antar sel, regulasi hormon dan enzim, mekanisme transpor, metabolisme di tingkat seluler, replikasi, transkripsi serta ekspresi gen yang dipengaruhi oleh peran molekul zat gizi. Mata kuliah ini juga membahas teknik penelitian dan prinsip pengukuran di tingkat seluler dan molekuler beserta contoh aplikasinya. |
||
Katrin Roosita |
||
GIZ612 |
Gizi Klinis |
2(2-0) |
Membahas perubahan sistem metabolisme dan fisiologis khusus pada penyakit beserta prinsip-prinsip dan praktek dukungan gizi dalam kondisi klinis (kondisi khusus) yang berkaitan dengan penyakit, serta evaluasi penilaian gizi secara biofisik dan klinis. |
||
Rimbawan |
||
GIZ621 |
Pendidikan Gizi dan Perubahan Perilaku |
2(2-0) |
Membahas ruang lingkup pendidikan gizi dan teori perilaku; riset-riset terkait pendidikan gizi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan gizi termasuk motivasi, kemampuan untuk bertindak, dan berbagai faktor pendukung dan penghambat. Mendesain program pendidikan gizi untuk perubahan perilaku makan dan kesehatan di masyarakat, meliputi analisis situasi, mengembangkan, implementasi serta monitoring dan evaluasi. |
||
Siti Madanijah |
||
GIZ642 |
Sosio Budaya Pangan dan Gizi |
2(2-0) |
Membahas berbagai konsep sosio-budaya, lingkungan terkait perilaku makan: kelembagaan, praktik dan kebiasaan kesehatan masyarakat, komunikasi antar budaya, agama, dan sumberdaya pangan; kebiasaan makan tradisional dan kontemporer; membahas peran antropologi dalam studi pangan dan gizi. Selain itu, membahas pengaruh faktor sosio-budaya terhadap status gizi dan penyakit. |
||
Yayuk Farida Baliwati |
||
GIZ623 |
Intervensi Pangan dan Gizi |
3(2-1) |
Membahas berbagai alternatif intervensi perbaikan gizi (pelayanan, produk, perubahan perilaku) baik yang sudah/sedang dilaksanakan maupun yang hasil kajian intervensi gizi yang potensi dilaksanakan pada kondisi normal dan darurat. Secara mendalam dibahas keunggulan dan kelemahan masing-masing alternatif intervensi gizi (efikasi/efektifnes, manajemen, teknis, ekonomi) serta pengalaman dari berbagai negara dalam program intervensi gizi. |
||
Lilik Kustiyah |
||
GIZ624 |
Gizi Kebugaran dan Produktivitas |
2(2-0) |
Membahas dan mempelajari tentang konsep energi dan zat gizi kaitannya dengan aktivitas fisik dan olahraga. Dibahas pula tentang konsep kebugaran, fisiologi kebugaran dan pengukuran kebugaran; komposisi tubuh, keseimbangan energi dan pengaturan berat badan, gizi untuk kebugaran, gizi untuk performan fisik, olahraga dan kesehatan optimal, gizi untuk produktivitas. Membahas isu-isu terkini gizi kaitannya dengan kebugaran dan produktivitas melalui telaah jurnal ilmiah |
||
Hadi Riyadi |
||
GIZ631 |
Pengembangan Produk Pangan Intervensi |
3(2-1) |
Membahas prinsip pengembangan produk pangan baru untuk melakukan intervensi gizi dalam penanggulangan masalah gizi kurang, gizi lebih, pangan fungsional untuk kesehatan, kecerdasan dan kebugaran berupa suplementasi, fortifikasi dan formulasi dengan mempertimbangkan ketersediaan pangan, kelayakan secara teknik, ekonomi dan sosial, serta memenuhi mutu organoleptik yang dapat diterima. |
||
Budi Setiawan |
||
GIZ644 |
Epidemiologi Gizi dan Penyakit Tidak Menular |
3(2-1) |
Membahas prinsip epidemiologi gizi (besaran, sebaran, determinan dan implikasi kebijakan gizi) yang berkaitan dengan penyakit kronik degeneratif. Disain studi epidemiologi observasional analitik dan eksperimental gizi serta analisis statistiknya; teknik review dan meta analisis, serta aplikasinya pada penelitian penyakit kronik degeneratif. |
||
Dodik Briawan |
||
GIZ643 |
Manajemen Program Pangan dan Gizi |
2(1-1) |
Membahas prinsip dan penerapan manajemen perencanaan dan pelaksanaan program gizi mencakup identifikasi masalah, alternatif kegiatan, analisis kelayakan, implementasi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan melalui penerapan Logical Framework Approach (LFA); Penilaian dan perencanaan kebutuhan dan ketahanan pangan wilayah. |
||
Drajat Martianto |
||
GIZ692 |
Metodologi Penelitian Gizi Lanjut |
2(1-1) |
Membahas metode dan disain penelitian gizi untuk penulisan tesis/disertasi; mencakup penelitian di masyarakat dan di laboratorium termasuk penelitian dengan menggunakan hewan coba. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan latihan secara menyeluruh tentang kegiatan penelitian mulai dari pembangkitan ide penelitian, perumusan masalah, tujuan penelitian, etika penelitian, desain, teknik sampling, pengukuran kualitatif dan kuantitatif, manajemen pengelolaan data, pengolahan dan analisis data, serta penyusunan proposal penelitian, penulisan makalah pada jurnal ilmiah dan teknik presentasi seminar karya ilmiah. |
||
Dadang Sukandar |
||
GIZ609 |
Tesis |
4(0-4) |
Setiap mahasiswa program Magister wajib menghasilkan tesis pada akhir masa studi. Tesis merupakan karya ilmiah hasil penelitiannya selama studi program magister, yang disusun sesuai kaidah ilmiah dan sesuai format tesis yang dibakukan dalam buku Pedoman Penyajian Karya Ilmiah. Tesis disetujui oleh komisi pembimbing, Ketua Program Studi dan Dekan Sekolah Pascasarjana IPB |
||
GIZ601 |
Kolokium |
1(0-1) |
Proses penulisan proposal dan pelaksanaan kolokium. |
||
Ikeu Tanziha |
||
GIZ60B |
Publikasi Ilmiah |
2(0-2) |
Proses penulisan artikel jurnal nasional/internasional hingga publikasi. |
||
GIZ60C |
Ujian Tesis |
2(0-2) |
Untuk menguji kualitas tesis dan pengetahuan mahasiswa. |
||
GIZ60A |
Proposal Tesis |
2(0-2) |
Proses penulisan proposal hingga menjadi proposal final yang disahkan oleh SPs IPB |