S3 – Doktor Ilmu Gizi
Gizi merupakan faktor penting pembentukan sumberdaya manusia berkualitas. Permasalahan gizi di masyarakatberdampak pada penurunan kecerdasan, kesehatan, stamina dan produktivitas kerja yang pada gilirannya dapat menurunkan kualitas dan citra bangsa. Banyak faktor penyebab masalah gizi, karena itu diperlukan inovasi dan penanganan secara holistik.
Guna menghadapi tantangan pembangunan dan mengantisipasi dampak masalah pangan dan gizi terhadap kualitas sumberdaya manusia diperlukan tenaga yang berkompeten dalam mengatasi permasalahan pangan dan gizi dengan selalu berinovasi dan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejak tahun 1992 di IPB telah dikembangkan program Doktor (S3) yaitu Program Studi Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMK).
Seiring adanya perubahan internal di IPB tahun 2007, program tersebut disempurnakan menjadi Program Studi Mayor Ilmu Gizi Manusia kemudian pada tahun 2015 menjadi Program Studi Ilmu Gizi yang diampu Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB.
Program Studi S3 Doktor Ilmu Gizi sudah mendapat Akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Lam-PTKes), yang berlaku sampai dengan 1 Oktober 2021.
Lulusan Program Doktor Ilmu Gizi, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor memiliki Kompetensi :
- Mampu melakukan pemecahan masalah IPTEKS gizi terkait pangan dan kesehatan melalui pendekatan inter, multi dan trans disiplin untuk pencegahan dan perbaikan masalah gizi individu, kelompok dan masyarakat dalam “Sistem Kesehatan Nasional” dan “Sistem Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional”.
- Mampu mengembangkan IPTEKS baru dalam bidang gizi terkait pangan dan kesehatan serta praktek kegizian melalui riset yang meghasilkan karya kreatif, original dan teruji.
- Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan ilmu gizi yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia yang mampu mendapat pengajuan nasional dan internasional.
KODE | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
Mata Kuliah Wajib SPs (5 SKS) | |||
PPS500 | Bahasa Inggris untuk Penelitian | 3(3-0) | Ganjil |
PPS702 | Falsafah Sains | 2(2-0) | Ganjil |
Mata Kuliah Wajib Mayor (34 SKS) | |||
GIZ711 | Integrasi Metabolisme Zat Gizi | 2(2-0) | Ganjil |
GIZ725 | Gizi Ibu dan Anak | 2(2-0) | Ganjil |
GIZ726 | Gizi Remaja, Dewasa, dan Lansia | 2(2-0) | Ganjil |
GIZ70E | Ujian Kualifikasi Tertulis | 2(2-0) | Ganjil/Genap |
GIZ70F | Ujian Kualifikasi Lisan | 2(2-0) | Ganjil/Genap |
GIZ701 | Kolokium | 1(0-1) | Ganjil/Genap |
GIZ70G | Proposal Penelitianl | 4(4-0) | Ganjil/Genap |
GIZ70H | Artikel Jurnal Nasional | 3(0-3) | Ganjil/Genap |
GIZ70I | Artikel Jurnal Internasional | 3(0-3) | Ganjil/Genap |
GIZ70J | Ujian Tertutup | 4(4-0) | Ganjil/Genap |
GIZ709 | Disertasi | 8(8-0) | Ganjil/Genap |
PPS690 | Seminar | 1(0-1) | Ganjil/Genap |
Mata Kuliah Peminatan Mayor (4 SKS) | |||
a. Gizi Manusia | |||
GIZ70A | Gizi Vitamin dan Mineral | 2(2-0) | Genap |
GIZ70B | Nutrigenomik | 2(2-0) | Genap |
b. Gizi Masyarakat | |||
GIZ70C | Sistem Ketahanan Pangan dan Gizi | 2(2-0) | Genap |
GIZ70D | Analisis Kebijakan Pangan dan Gizi | 2(1-1) | Genap |
Mata Kuliah Pilihan (4-6 SKS) | |||
GIZ717 | Nutrasetikal | 2(2-0) | Genap |
GIZ718 | Imunologi Gizi | 2(2-0) | Genap |
GIZ727 | Gizi dan Penyakit Tidak Menular | 2(2-0) | Genap |
GIZ732 | Gizi dan Keamanan Pangan | 2(2-0) | Genap |
GIZ741 | Gizi, Kemiskinan, dan Keadilan | 2(2-0) | Genap |
GIZ791 | Isu-isu Gizi Global | 2(2-0) | Genap |
Total SKS Minimum | 43 |
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS500 | Bahasa Inggris untuk Penelitian | 3(3-0) |
Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana baik program magister maupun doktor. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif. | ||
GIZ711 | Integrasi Metabolisme Zat Gizi | 2(2-0) |
Integrated Metabolism of Nutrients | ||
Membahas secara mendalam metabolisme karbohidrat, lipida, kolesterol dan protein dalam kondisi normal dan kondisi abnormal sebagai akibat dari kelainan metabolik. Integrasi metabolisme zat gizi makro (karbohidrat, lipid, dan protein) sebagai penyedia energi dalam puasa dan kelaparan serta interaksi antar zat gizi dalam metabolisme, juga dibahas dengan memberikan contoh peran vitamin dan mineral serta zat aktif lain dalam proses metabolisme. | ||
Rimbawan | ||
Lilik Kustiyah | ||
Sri Anna Marliyati | ||
GIZ725 | Gizi Ibu dan Anak | 2(2-0) |
Maternal and Child Nutrition | ||
Membahas aspek gizi dan kesehatan pada ibu hamil dan menyusui, dampak gizi kurang dan gizi lebih pada masa kehamilan (aspek epidemiologik dan genomik) serta alternatif penanggulangannya. Penilaian pertumbuhan dan perkembangan fetus, penilaian kualitas dan kuantitas ASI. Membahas peran gizi dan kesehatan dalam tumbuh kembang bayi, balita, dan anak usia sekolah. Membahas berbagai masalah gizi dan kesehatan, upaya perbaikannya (termasuk kebijakan dan program), dan isu-isu terkini gizi ibu dan anak. | ||
Faisal Anwar | ||
Hardinsyah | ||
Cecilia Meti Dwiriani | ||
GIZ726 | Gizi Remaja, Dewasa, dan Lansia | 2(2-0) |
Adolescent, Adult and Elderly Nutrition | ||
Membahas status gizi, kesehatan (termasuk penyakit kronis), psikologis, sosial dan budaya pada kelompok remaja, dewasa sampai lanjut usia. Selain itu pada kelompok remaja akan dibahas gangguan makan, body image, dan faktor risiko yang berpengaruh terhadap status kesehatan dan produktivitas | ||
GIZ70A | Gizi Vitamin dan Mineral | 2(2-0) |
Vitamin and Mineral Nutrition | ||
Membahas gizi vitamin dan mineral, dengan fokus pada evolusi kebutuhan dan peranan vitamin dan mineral dalam kesehatan. Pembahasan mencakup kebutuhan dan defisiensi vitamin dan mineral termasuk analisis risiko-manfaat dari vitamin dan mineral, peranan vitamin dan mineral dalam metabolisme dan dalam kesehatan dan penyakit. Dibahas juga aspek kimia, biokimia dan fungsi seluler, metabolisme, prosedur penilaian status vitamin dan mineral, dosis farmakologis dan toksisitas, serta faktor yang mempengaruhi status gizi vitamin dan mineral pada manusia. Membahas isu-isu terkini gizi vitamin dan mineral | ||
Hadi Riyadi | ||
Evy Damayanthi | ||
Eny Palupi | ||
GIZ70B | Nutrigenomik | 2(2-0) |
Nutrigenomic | ||
Membahas inter-relasi pengaruh zat gizi dan komponen fungsional dalam makanan dan produk komplemen terhadap ekspresi gen, dampaknya terhadap kesehatan tubuh manusia, serta memanfaatkan informasi genetik yang terkait dengan metabolisme untuk pengaturan diet; membahas pula prinsip dasar analisis genomik, transkriptomik, proteomik, dan metabolomik. Membahas penelitian terkini terkait nutrigenomik. | ||
Katrin Roosita | ||
Evy Damayanthi | ||
Mira Dewi | ||
GIZ70C | Sistem Ketahanan Pangan dan Gizi | 2(2-0) |
Food and Nutrition Security | ||
Membahas ketahanan pangan dan gizi (food and nutrition security) dengan pendekatan sistem; pilar ketahanan pangan dan gizi; indikator dan pengukuran ketahanan pangan dan gizi di tingkat rumahtangga, masyarakat, nasional dan global; analisis situasi dan peramalan ketahanan pangan dan gizi; konsekuensi ketidaktahanan (insecurity) pangan terhadap kualitas hidup manusia; tantangan (challenges) dan faktor risiko serta dampak ketidaktahanan pangan dan gizi di berbagai tingkatan. | ||
Hidayat Syarief | ||
Dadang Sukandar | ||
Yayuk F. Baliwati | ||
GIZ70D | Analisis Kebijakan Pangan dan Gizi | 2(1-1) |
Food and Nutrition Policy Analysis | ||
Mempelajari konsep dan metode analisis kebijakan pangan dan gizi mencakup pendekatan analitis dan deskriptif baik evaluatif maupun preskriptif yang meliputi pendekatan analisentris (analivcentric), proses kebijakan (policy process) dan meta-policy aproach, serta mengenalkan berbagai model kebijakan, kriteria pengambilan keputusan (decission criteria) dan proses pengambilan keputusan (decission method) dalam penyusunan dan evaluasi kebijakan pangan dan gizi. | ||
Drajat Martianto | ||
Hidayat Syarief | ||
Ikeu Tanziha | ||
GIZ717 | Nutrasetikal | 2(2-0) |
Nutraceutical | ||
Membahas definisi, kategori berdasarkan sumber komponen fungsional, biosintesis, struktur kimia, serta mekanisme kerja dan metabolisme nutrasetikal; Mengkaji manfaat komponen fungsional secara optimal untuk mencegah penyakit, serta mempertahankan dan meningkatkan kesehatan tubuh; Membahas pula prinsip-prinsip terkait penelitian terkini dan pengujian khasiat nutrasetikal. | ||
Evy Damayanthi | ||
M. Rizal Martua Damanik | ||
Katrin Roosita | ||
GIZ718 | Imunologi Gizi | 2(2-0) |
Nutrition Immunology | ||
Membahas hubungan antara zat gizi dan imunologi dengan membahas berbagai topik terkait yang diawali dengan pokok bahasan pengertian sistem kekebalan dan pertahanan tubuh, fungsi sistem pertahanan, radikal bebas dan penyakit, radikal bebas dan fungsi sel pertahanan, pengaruh antioksidan terhadap sistem pertahanan, zat gizi sebagai antioksidan, dan faktor gizi dalam berbagai kasus penyakit. | ||
Evy Damayanthi | ||
M. Rizal Martua Damanik | ||
Mira Dewi | ||
GIZ727 | Gizi dan Penyakit Tidak Menular | 2(2-0) |
Nutrition and Non Communicable Diseases | ||
Membahas berbagai penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes melitus, kanker, asam urat dll dalam kaitannya dengan gizi. Pembahasan juga mencakup fator penyebab dan terapi diet yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi penyakit-penyakit tidak menular. Hal-hal yang terkait dengan masalah obesitas juga dibahas, terutama menyangkut pola makan penyebab obesitas dan upaya pencegahan obesitas sehingga munculnya penyakit tidak menular bisa dihindari. | ||
Ali Khomsan | ||
Sri Anna Marliyati | ||
Faisal Anwar | ||
GIZ732 | Gizi dan Keamanan Pangan | 2(2-0) |
Nutrition and Food Safety | ||
Membahas hubungan antara gizi dan keamanan pangan sebagai unsur penting dari ketahanan pangan, pengaruh keamanan pangan terhadap status gizi, kesehatan dan kualitas SDM, serta berbagai upaya untuk menjamin masyarakat mendapatkan pangan yang aman baik di tingkat rumah tangga maupun di seluruh rantai makanan sebelum pangan tersebut dikonsumsi oleh masyarakat. | ||
Ahmad Sulaeman | ||
M. Rizal Martua Damanik | ||
Ikeu Ekayanti | ||
Tiurma Sinaga | ||
GIZ741 | Gizi, Kemiskinan, dan Keadilan | 2(2-0) |
Nutrition, Poverty, and Equity | ||
Pada mata kuliah ini akan dibahas konsep dan ukuran kemiskinan dan kelaparan, serta hak atas pangan. Dibahas juga penyebab sosial dan politik terhadap ketidakadilan pangan. Membahas hubungan ekonomi makro dan gizi serta berbagai kebijakan dan program dalam mengatasi masalah gizi dan kemiskinan. | ||
Ikeu Tanziha | ||
Ali Khomsan | ||
Dadang Sukandar | ||
GIZ791 | Isu-isu Gizi Global | 2(2-0) |
Global Nutrition Issues | ||
Mempelajari permasalahan dan hasil kajian, kontroversi, konsensus dan standar gizi terkini pada tingkat regional dan global meliputi asupan gizi, status gizi, mutu gizi, keamanan pangan serta faktor yang berkaitan seperti sumberdaya alam, teknologi, ekonomi, gaya hidup dan penyakit. | ||
Drajat Martianto | ||
Hardinsyah | ||
Rimbawan | ||
M. Rizal Martua Damanik | ||
GIZ70E | Ujian Kualifikasi Tertulis | 2(2-0) |
Writen Qualification Exam | ||
Ujian tertulis terkait dengan pengetahuan komprehensif ilmu gizi yang terbagi menjadi tiga topik, yaitu : 1. Topik ilmu gizi dasar 2. Topik ilmu gizi terapan 3. Topik metode penelitian dan analisis statistika. | ||
GIZ70F | Ujian Kualifikasi Lisan | 2(2-0) |
Oral Qualification Exam | ||
Ujian kualifikasi lisan untuk menjamin penguasaan ilmu dan kesiapan melakukan penelitian. | ||
GIZ701 | Kolokium | 1(0-1) |
Colloquium | ||
Mempresentasikan proposal penelitian dalam mata ajaran kolokium sebelum penelitian dilaksanakan | ||
GIZ70G | Proposal Penelitian | 4(4-0) |
Research Proposal | ||
Proses penyusunan proposal penelitian hingga pengesahan proposal oleh SPs-IPB. | ||
GIZ70H | Artikel Jurnal Nasional | 3(0-3) |
National Publication | ||
Proses penulisan artikel jurnal nasional hingga publikasi. | ||
GIZ70I | Artikel Jurnal Internasional | 3(0-3) |
International Publication | ||
Proses penulisan artikel jurnal internasional hingga publikasi. | ||
GIZ70J | Ujian Tertutup | 4(4-0) |
Close Exam | ||
Ujian tertutup dilaksanakan dihadapan komisi pembimbing, dua orang penguji luar komisi, wakil dari program studi dan fakultas untuk menguji berbagai kompetensi yang dimiliki seorang calon doktor | ||
GIZ709 | Disertasi | 8(8-0) |
Dissertation | ||
Proses penulisan naskah disertasi hingga pengesahan oleh SPs-IPB. | ||
PPS690 | Seminar | 1(0-1) |
Seminar | ||
Seminar adalah penyajian hasil-hasil penelitian (tesis atau disertasi) dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana untuk mendiseminasikan hasil penelitian, baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis, menambah wawasan ilmiah, dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah. Memberikan cara penulisan berbagai karya ilmiah yang mencakup penulisan usulan proyek dan laporan, termasuk juga cara penyampaian dan penyajian data, pembuatan slide dan transparansi, serta penggunaan komputer dengan Liquid Crystal Display (LCD) Viewer. |
VISI :
Menjadi lembaga pendidikan tinggi terkemuka dalam bidang gizi di tingkat global dengan fokus gizi dalam siklus kehidupan melalui pendekatan intra, multi dan transdisiplin untuk pembangunan gizi masyarakat Indonesia yang berkelanjutan”
MISI :
- Menyelenggarakan pendidikan program doktor berkualitas di bidang gizi mutakhir di tingkat global,
- Mengembangkan IPTEKS berbasis ekologi melalui penelitian mutakhir di bidang gizi dengan fokus gizi dalam siklus kehidupan melalui pendekatan intra, multi dan transdisiplin,
- Menerapkan dan mendayagunakan IPTEKS dibidang gizi untuk mencapai kualitas kehidupan yang sehat, cerdas, produktif secara berkelanjutan, dan
- Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak yang melibatkan unsur akademisi, pemerintah, pebisnis, media massa, dan masyarakat madani untuk mendukung keberhasilan Tridharma perguruan tinggi.
TUJUAN :
- Menghasilkan lulusan pendidikan program doktor yang berkualitas di bidang gizi mutakhir yang mampu menganalisis dan mengembangkan alternatif pemecahan masalah gizi,
- Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat inovatif dan produktif di bidang gizi dengan fokus gizi dalam siklus kehidupan, berbasis ekologi melalui pendekatan inter, multi dan transdisiplin.
- Memberikan pelayanan masyarakat berdasarkan kebutuhan yang sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi mutakhir untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, prduktif secara berkelanjutan,
- Mewujudkan peningkatan kerjasama dengan sesama akademisi, pemerintah, pebisnis, media massa dan masyarakat madani di tingkat nasional dan internasional untuk mendukung pengembangan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan masyarakat.
STRATEGI :
- Melakukan seleksi calon mahasiswa secara ketat, mempertahankan kualitas proses pembelajaran dan sistem evaluasi hasil belajar dengan atmosfer akademik yang semakin kondusif.
- Meningkatkan efisiensi proses pembimbingan disertasi, percepatan publikasi dan pemanfaatan sistem informasi manajemen pendidikan.
- Mendorong dan memfasilitasi tenaga pendidik untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran dan pembimbingan mahasiswa.
- Meningkatkan informasi ketersediaan sumber dana penelitian dan kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri.
- Meningkatkan informasi pelatihan penulisan jurnal ilmiah dan jurnal ilmiah yang berpeluang untuk mempublikasikan hasil penelitian.
- Adanya insentif publikasi di jurnal internasional bereputasi atau diseminasi dalam bentuk kegiatan ilmiah lain.
- Mendorong peran aktif tenaga pendidik dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah di tingkat nasional dan internasional.
- Meningkatkan kesempatan dosen dan mahasiswa pascasarjana untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
- Meningkatkan kerjasama di tingkat nasional dan internasional dengan para pemangku kepentingan, termasuk akademisi, pemerintah, pebisnis, media massa, dan masyarakat madani untuk mendukung keberhasilan Tridharma perguruan tinggi